Bismillaahirrohmaanirrohiim.. Assalamu'alaikum.. Welcome to Miftahul's Blog -To Be Like a Sun-

TO BE LIKE A SUN

Assalamu'alaikum. Salam hangat... Selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Blog ini berisi seputar pengalaman pribadi, opini, info, karya lomba, dsb yang mungkin dapat bermanfaat. Terima kasih atas kesediaannya meluangkan waktu 'tuk singgah walau sejenak. Jangan lupa ninggalin jejak ya ^^



Senin, 10 Maret 2008

Perjuanganku, Seminarku, Miladku...

SWOT merupakan singkatan dari Strenght Weakness Opportunity Threat . Teknik analisis ini cukup sering digunakan oleh orang2 yg terjun di dunia organisasi, bisnis, politik, maupun manajemen. Analisis ini juga dapat dipelajari dan dipahami lebih lanjut pada mata kuliah yang mengandung unsur manajemen.

Sy cukup sering menggunakan analisis ini ketika mengadakan suatu kegiatan dan itu terasa sekali manfaatnya terutama waktu akhir tahun kemarin menyelenggarakan Journalistic Fair 2007 kerja sama ma SCTV. Tp kali ini sy coba ambil studi kasus pas seminar sy kemarin itu aja ya apalagi harinya bertepatan dengan milad sy ke-22 pada 25 Januari 2008. Analisis yg sy gunakan cukup sederhana dan tidak sampai mendetil yg penting sy paham dg apa yg sy hadapi.

Studi kasus: Seminar Hasil Penelitian

Strenght (Kekuatan)
1. Sy memiliki kemampuan dlm program photoshop dan power point;
2. Sy memiliki banyak teman di BEM KM dan dari fakultas2 lain;
3. Sy memiliki banyak sahabat yg senantiasa menguatkan dan menyemangati;
4. Sy memiliki dosen yg mendukung penelitian sy;
5. Sy memiliki cukup pengalaman di bidang presentasi;
6. Sy memiliki makalah seminar yg telah di ACC;
7. Ada laptop;
8. Ada flashdisk 1GB;
9. Ada motor;
10. Ada dana;
11. Ada teman yg bisa menyediakan LCD dg harga di bawah standar;
12. Seminar tanggal 25 Januari yg bertepatan dg hari milad memberi efek kekuatan tersendiri;
13. Dan yang terpenting adalah sy yakin bahwa Allah berada di samping sy untuk menemani, di belakang sy untuk mendorong, dan di depan sy untuk membimbing.
(cukup 13 dulu, tp klo bisa sih qta list sebanyak2nya u/ strenght coz semakin banyak yg bisa qta list itu dapat semakin meningkatkan PD qta apalagi klo waktunya dah mepet. Selain itu usahain jg isinya berupa hal2 positif atau paling tidak qta memandangnya secara positif. Contoh: pada kalimat "Sy memiliki banyak teman.." wlopun itu subyektif dan belum tentu teman qta sebenernya da byk tp qta berpikir positif aja karena dg berpikir positif dapat menjadikan diri qta lebih optimis)

Weakness (Kelemahan)
1. Sy harus Pulang-Pergi Depok-Bogor;
2. Masih ada keraguan di hati;
3. Skripsi belum selesai 100%;
4. Masih ada data yang belum diolah;
5. Teman sekelas sudah banyak yg lulus;
6. Waktunya terlalu mepet;
7. Untuk membuat slide seminar butuh waktu yg agak lama.
(cukup 7 dulu, tp klo bisa sih qta hanya melihat sedikit u/ weakness coz semakin sedikit weakness-nya itu dapat semakin meningkatkan PD qta apalagi klo waktunya dah mepet, tp jgn didikit2in, maksudnya qta coba meminimalisirnya dg tindakan yg nyata)

Opportunity (Kesempatan)
1. Sy bisa mendaftar seminar untuk tanggal 25 januari setelah proses lobi;
2. Sy bisa seminar bareng temen satu bimbingan skripsi;
3. Sy bisa menyewa LCD dg harga di bawah standar (dr departemen lanskap sebenernya bisa nyediain tp agak mahal);
4. Sy punya simcard 3 sehingga bs digunakan u/ sms jarkom berupa undangan seminar dg tarif relatif murah apalagi klo ke sesama 3;
5. Sy punya koneksi dari berbagai jurusan/ departemen yg berbeda;
6. Sy bisa minta tolong bantuan tmn2 dr BEM KM untuk mengurusi masalah souvenir dan konsumsi;
7. Sy mendapat moderator yg cukup enak;
8. Dosen sy memiliki waktu luang ba'da jum'atan pd tgl tsb;
9. Jk sy bisa megejar sidang di minggu depannya maka sy dapat ikut wisuda februari ini.
(cukup 9 dulu ya)

Threat (Ancaman)
1. Komputer yg sy gunakan u/ mengerjakan skripsi/ makalah dan slide seminar rusak atau terkena virus;
2. Karena saat itu sedang musim ujian sehingga dikhawatirkan hanya segelintir org yg hadir pd saat seminar apalagi anak2 lanskap sendiri sudah setengah kelas lebih yg lulus;
3. Dosen sy tiba2 sakit (karena beliau seharusnya sudah pensiun);
4. Sy jatuh sakit karena kecapaian;
5. Tidak mendapat ruang seminar;
6. LCDnya rusak;
7. Di tengah jalan tiba2 keraguan kembali menyergap;
8. Terjadi sesuatu dg sy ketika sedang berkendara motor menuju Bogor;
9. Ada pertanyaan yg menjatuhkan pd sesi tanya-jawab;
10. Souvenir dan konsumsi belum siap pada waktunya atau malah tidak ada yg membantu mengurusi;
11. Slide yg sy bikin terlalu berat sehingga tak dapat diputar di laptop.
(cukup 11 aja ya, intinya qta memprediksi kemungkinan2 terburuk apa yg dapat terjadi sehingga qta kan menyiapkan berbagai alternatif solusi sebelum ancaman2 tsb menjadi nyata)

Memang sih pada kenyataannya kemarin tuh sy ga pake nge-list hal2 di atas, tp apa yg sy tuliskan di atas tuh ada dalam benak sy dan sy rangkum semua 'tuk dicari solusi pemecahannya.

Segala strenght yg sy punya sy kerahkan 'tuk menutupi weakness dan threat yg ada. Sy coba 'tuk meraih segala opportunity yg ada. Bingung ga?
Gini nih implementasinya:

Di lanskap tuh da 3 org yg biasa menggunakan cara berbeda dalam presentasinya dan 3-3nya tuh ya cuma 3 org nak rohis di lanskap. Bedanya qta bertiga dr yg lain tuh klo bikin slide qta selalu menggunakan bantuan program photoshop dan menggunakan tampilan layaknya website dan tiap org memiliki karakter khasnya masing2 (biasanya sih temen pd ngira sy pake program flash padahal cuman power point aja dan sebenernya siapa pun bisa bikin yg seperti itu asalkan punya kemauan dan ide kreatif, bahkan temen klo sy jelasin rahasia pembuatannya pun dia bisa terkejut karena ternyata simple bgt hanya kadang org ga berpikir kesana). So, ini nih yg sy gunain sbg senjata utama dlm tiap presentasi sy, yaitu mencoba menampilkan slide yg "hidup". Yup, lagi2 qta harus berpikir positif terhadap diri qta dan yakin bahwa "jika diibaratkan sebagai batu maka dalam diri tiap orang itu terkandung patung yg indah tinggal siapa yg memahatnya" (Michael Angelo)

Dukungan dr tmn2 seolah menjadi batu bara yg membakar tiap persendian yg terasa ngilu dan kaku sehingga membuat sy yg berada di tengah suasana formal seminar dpt menjadi lebih santai dan PD.

Alhamdulillah ada laptop karena selama 2 hari sy sempat nginap di kosan tmn sy (anak BEM KM) dan mengerjakan makalah serta slide dg laptop itu serta dg bantuan flashdisk 1GB. Jk sy ga nginap tentulah tulang belulang di tubuh ni kyk mo copot aja bila tiap hari digunakan bolak-balik dpk-bgr dg motor.

U/ masalah konsumsi sy coba kontak seseorg (anak BEM KM jg) dan sy minta dia buat ngumpulin tmn2 yg qra2 bisa bantu nyiapin konsumsi u/ sekian org dg budget sekian rupiah en isinya terserah apaan. U/ souvenir pun sy kontak nak BEM KM en minta tlg dia buat bikinin desain pin sekalian pesenin. Sy bersyukur sekali ketika tiba2 da sms berisi, "tenang aja mas, untuk konsumsi insya4wl dah beres".

U/ jarkom undangan via sms sy minta tlg ke 2 org temen yg kebetulan qta mang lg mabit bareng2. Sy serahin aja HP sy n minta tlg ke mereka buat smsin org2 dg kode tertentu di HP itu serta yg ada di phonebook BEM KM karena sy sendiri masih sibuk bikin slide. Dan begitulah, sekalinya berita sy mo seminar nyebar langsung deh sms2 tausiyah dan penyemangat datang terus selama 3-4 hari berturut2 apalagi seminarnya bertepatan dg hari miladku. Saat itu sy menggunakan 2 Hp (nokia dan siemens) dan inbox kedua Hp tsb langsung full, tiap kali da sms yg dihapus maka da sms lain yg masuk. Sayangnya u/ Hp Nokia telah di-set sehingga bila inboxnya full maka sms yg lama kan terhapus secara otomatis, namun da beberapa sms yg sempat kuselamatkan. Berikut ni adalah sms2 dari saudara/i-ku karena Allah:

24.01.2008 08:03 Rien
”muslim sejati itu slalu tmpk santai dlm ksibukn,trsnyum dlm ksedihn,tnang d bwh tekanan,tabah dlm ksulitn,optimis d dpn tntngan,,Bangkit..dan tetap Smangt..!!

24.01.2008 19:19 Rien
Indahny ukhuwh ktk qt slng mnymngati..Gmana persiapan bwt sminar bsk?dah SIAP dong!SMANGAT ya,Allah sebaik2 PENOLONG..Jgn lp jaga wudhu biar FRESH pas seminar..

24.01.2008 20:24 Rizal
Asw.mas miftah,smga bsk smnarny sukses yah! Smangatmas..fahrizal

24.01.2008 21:39 Fadhel
ka miftah bsk seminar y..smgt y,maaf sy g bs hadir.tp saya doain agar dBeri kemudahan oleh dJJl..ini nmr 3 sy.dua2ny aktif..btw,jgn lp traktiranny y.he2.._fdl_

24.01.2008 23:58 Riska
Knock..knock..

Anybdy here?

There’s a packet

()” ” ”() ,@
( ’(;)’ ) ,@@@
=(,,)=(,,)<- br="br"> (” ”),,,(””) @@

a bucket of flower just 4 ur bDay

25.01.2008 02:37 Stella
Kak miftah... Met ultah ya, smoga smua cita kaka tercapai. Amin..! Makasi bnyak ya kak smua kbaikan kaka dberi balasan oleh Allah Swt. Amin!

25.01.2008 06:40 Anty
As Hr ini cptaknlh sjarh..bwt dia mnuliskn nmamu dlm nfasx Bwt dunia brgtar krn sjrah yg kau tulis dpt mrubh pradaban dan mukax Slmt brjuang!! Msa dpn mnantimu.

25.01.2008 07:40 Hermawan
==================
==()””””() Hello ======
==( ’o’ ) Sobatqu!! ===
==(,,)==(,,)==========
Aq sNgj panJaTin jeNdela kMrmu,tuk ngucapin... MET MILAD PREEN ;-)

25.01.2008 12:13 Mbak Anik
mat ultah ya moga pj umr sht slalu dan cpt tercape cita2nya.Amin.Dah sampe mn skripsinya?

25.01.2008 16:33 Didin
ass.met milad kkku yg narsis.smg nambah maniez imannya..ibadahnya..rezekinya..&msadpannya.asal jgn nambah manis orangnya aja,krn dah cocok bgt ky sekarang.ITEM PAHIT!biar kl sy ada dsmping kk,kliatan pas item maniez.krn di2n trlalu maniez jd bagi2.he..3x.maf ga ikut seminar,di2n pulang.dtnggu trktirannya

25.01.2008 19:02 Rudiyana
As.Smg p’orbann hrta,jwa&rga,wktu muda srta sgla yg tlh kt korbnkn djlan 4wl mdpt ridho 4wl&tebusn bg surga-Nya.Amin...!!Met Milad akh,ingat,nikmt dunia hny 1%

Yup, itu tadi segelintir sms yg masuk ke Hp-ku sampai tgl 25 Jan. Afwan ya buat temen2 yg message-nya ga ditampilin karena waktu itu sebagian besar kehapus messages-nya gara2 full kartunya. Tp setiap kata maupun kalimat yg engkau kirimkan itu amat berarti bagiku karena dirimu merupakan salah satu dari inspirasiku ^_^

Pas hari H ternyata qta ga dapat ruang seminar karena petugasnya ternyata ga datang (ko bisa ya?!). Akhirnya qta harus seminar di studio lanskap lantai paling atas dan ga da AC-nya lagi jd panas bgt, tp ketika melihat senyum tmn2 subhanallah rasa panas itu seakan sirna. Sy jd teringat kata2nya DR. 'Aidh bin 'Abdullah Al-Qarni dalam bukunya Jadilah Wanita yang paling Bahagia (ini kan buku yg waktu itu kamu baca?), "kesulitan sekeras apa pun akan terasa ringan dengan adanya senyuman dari orang yang terpercaya."

Prediksi dr pertanyaan2 yg qra2 akan muncul nantinya jg penting lho. Alhamdulillah da beberapa prediksi sy yg tepat sehingga ketika pertanyaan tersebut muncul, sy dah nyiapin jawaban yg insya4wl pas. Tp da satu kejadian lucu. Ada satu org akhwat tmn sy yg nanyanya tuh kritis dan terus disambungin mpe 3x tp abis itu ga dilanjutin lg. Nah, pas dah selesai, akhwatnya td nyamperin sy en ngomel2 ke sy, "eh mif, calon istri lo tuh, gwe kan td maksudnya baek pengen ngasih tau ke elo klo da yg kurang gini gini eh tp ma 'dia' gwe malah disuruh diem aja en jgn diterusin..uuggh.." "haha.. mang calon istri yg mana ni (da banyak kalee :P )?" "ga tau tuh, pokoknya yg tadi duduk disana" dalam hati sy sih senyum aja seneng coz sy ga dikejar2 ma pertanyaan akhwat atu ni yg mang agak ribet pas sesi tanya jawab tadi..fiuh.. syukur.. syukur..

Yup, pas seminar tuh nak lanskap yg datang sekitar 6-7 org tp ruangan tuh penuh ma anak2 BEM en tmn kosannya tmn seminar sy hehe.. jd campur aduk deh dr berbagai fakultas padahal biasanya seminar nak lanskap yg dtg ya anak2 lanskap aja, klo pun da yg dari luar lanskap tp tetep dr fakultas pertanian. Makanya sy seneng bgt pas tmn2 sy dr berbagai fakultas bisa nyempetin diri dtg wlo da yg datengnya telat, pas sy lg beres2 eh dianya baru dtg, tp alhamdulillah dia msh bisa dtg.

Nah, ceritanya tuh kan sy seminar hari jum'at, dr hari kamis malem tuh sy ga makan apa2, jum'at pagi ma siang jg ga makan, baru pas sorenya abis seminar sy makan snack dari seminar tp ga makan nasi coz pas pengen pulan tau2 da nak BEM KM kepengurusan baru yg nelpon en ngajakin sy ke TVRI (biasa.. syuting..) buat acara dialog tentang negeri gitu deh, menghadirkan staf kementrian kesejahteraan negara, anggota DPR RI, dan bupati Bekasi, acaranya Live. Sy sih cuma berharap pas qta on air sy ga ketiduran di sana, bayangin aja lg cape2 gtu en belom makan lagi eh kudu dengerin dialog kenegaraan. Alhamdulillah di TVRI ternyata dapet makan malem coz qta mpe bogor lg tengah malem. Klop deh, lagi cape2 gtu terus dikasih makan abis itu disambung ma dialog kenegaraan.. grRooKk..zZzZzz....Zzz..GrOok..

Hehe.. just kiddin' ya enggaklah, masak iya acara Live gtu sy malah tidur, acara Live gtu justru qta kudu pasang tampang paling manis

Begitulah sedikit cerita tentang seminar dan milad sy kemarin dalam kaitannya dg analisis SWOT. Semoga dpt bermanfaat dan bisa diambil ibrohnya .

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Aslm,,ka mif,,walaupun telat (drpda ga sm sekali) tea ucapin selamat ya udah dpt gelar S.P..,,maaf bgt bru bisa kasih comment sekarang..
wahh ka bener2 perjuangan yg ga ada akhir yaa...,,tapi ka2 hrus tetep semangat yaa...,,jgn lupa doain adik2mu yang masih harus berjuang di ipb...okeh..
waslm..

Terima Kasih sudah berkunjung ^^ Jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya ;) Follow juga akun Twitter/Instagram @miftahoke
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service