Bismillaahirrohmaanirrohiim.. Assalamu'alaikum.. Welcome to Miftahul's Blog -To Be Like a Sun-

TO BE LIKE A SUN

Assalamu'alaikum. Salam hangat... Selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Blog ini berisi seputar pengalaman pribadi, opini, info, karya lomba, dsb yang mungkin dapat bermanfaat. Terima kasih atas kesediaannya meluangkan waktu 'tuk singgah walau sejenak. Jangan lupa ninggalin jejak ya ^^



Kamis, 04 Februari 2016

Ayo, Gerakkan 'Mau Bertanya' Sebagai Wujud Aktif Membangun Negeri

"Malu bertanya, sesat di jalan. Banyak nanya? malu-maluiiin..."

Ungkapan tersebut yang merupakan pelesetan dari suatu peribahasa nampaknya tak asing di telinga aku, kamu, dia, mereka (sebut saja: kita semua). Sebenarnya tak ada yang salah dengan bertanya. Yang salah itu, kalau sudah malu bertanya, eh malah nyasar pula di jalan (terus tetap gengsi ngakuin kalau kesasar).


Malu Bertanya vs Mau Bertanya

Saya itu aslinya orang yang pendiam dan pemalu. Bisa dibayangkan, dengan pribadi yang seperti itu, rasanya wajar bila saya merasa malu bertanya, apalagi ke orang yang belum dikenal.. plus pakai bahasa Inggris pula (wow). Namun, sebuah pengalaman mengajarkan saya untuk menjadi pribadi yang mau bertanya, apapun kondisinya.

November tahun lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi Negeri Merlion. Bukan dengan travel, tapi lebih ke backpacker, karena saya ingin mencari pengalaman berpetualang di negeri tetangga dengan lebih leluasa.

Backpacker ke Singapore pada November 2015

Haha... seorang pendiam dan pemalu mencoba untuk backpacker, apa jadinya? Tentunya HARUS MAU BERTANYA. Apalagi, sebagai seorang muslim, saya tak bisa sembarang icip makanan.

Perpaduan budaya Melayu, Cina dan Arab menjadikan Singapore sebagai kawasan yang kaya akan kuliner. Namun, tak semua jenis makanan boleh dikonsumsi oleh seorang muslim. Itu sebabnya, setiap hendak menggoyang lidah dengan aneka kuliner khas tersebut, saya harus mau bertanya tentang kehalalannya.

Tak hanya urusan makanan saja, tapi sebagai seorang backpacker newbie yang baru pertama kali ke luar negeri, saya pun harus mau bertanya pada orang di jalan mengenai arah, lokasi, dsb. Di tempat baru, tanpa pengalaman, dan uang pas-pasan, jika malu bertanya yang ada ya sesat di jalan, nyasar, bahkan mungkin ga akan pulang-pulang (hiiy...).


Generasi yang Mau Bertanya

Ilustrasi Peran Media Sosial dalam Kehidupan Manusia (Sumber: wronghands1.wordpress.com)

Dengan makin berkembangnya zaman, terjadi pula perubahan pada pola kehidupan manusia. Generasi yang hadir saat ini telah dicekoki aneka teknologi digital. Bahkan mereka mungkin tak dapat membayangkan bagaimana di era 90-an orang menggunakan Pager atau chatting di kelas dengan secarik kertas (uhuk.. sorry agak lebay).

Gen Y, generasi yang terlahir di era dunia digital, pergaulan media sosial, dan kecepatan informasi, umumnya tumbuh sebagai sosok yang kritis, dinamis dan mau bertanya. Walau tak sedikit pula yang masih malu-malu (tapi mau) bertanya, namun kecanggihan gadget/ piranti saat ini memang membuat setiap orang setidaknya mau bertanya, "bagaimana cara menghidupkannya?". Aktivitas "bertanya" mungkin tak harus dilakukan dengan tatap muka langsung, karena di "dunia datar" ini interaksinya telah terjembatani oleh media sosial.

Dahaga akan informasi dapat tertuntaskan hanya dalam hitungan detik. Tak peduli perbedaan geografis maupun waktu, media sosial telah membuat sebuah perubahan baru dalam hidup manusia. Bank Negara Indonesia (BNI) nampaknya memahami perubahan yang terjadi.


Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan

Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan. Tagline dari BNI yang merupakan pengembangan dari peribahasa "Malu Bertanya Sesat di Jalan" ini memiliki makna yang begitu dalam bagi pembangunan negeri ini. Bayangkan, hanya dengan "mau bertanya", kita dapat tumbuh berkembang menjadi insan yang lebih berkualitas. Tapi dengan "malu bertanya", bisa jadi membawa kita pada kemunduran dan ke-blunder-an. 

Jika Indonesia memiliki sosok-sosok calon pemimpin masa depan yang berkualitas, tentunya ini akan menjadi harapan baru bagi generasi mendatang untuk merasakan kehidupan yang lebih baik. Semua hal yang kita rasakan saat ini dimulai dari sebuah pertanyaan. 

"Apakah manusia dapat terbang?"

"Bagaimana cara mengirimkan suara saya ke pulau seberang?"

"Apakah kamu mau menjadi ibu dari anak-anak kita?"

"Bagaimana cara membuat screenshot di smartphone ini?"

Ada sebuah contoh mudah dalam kehidupan sehari-hari yang belum lama saya alami. Beberapa waktu lalu, saya melihat info Kompetisi Blog BNI. Waktu saya cek tata caranya, saya sempat menyangka bahwa kontennya itu tentang pengalaman kita dalam "mau bertanya". Namun karena kompetisi ini sudah menjelang deadline sehingga saya putuskan untuk bertanya langsung ke akun Twitter @BNI46 dan memperoleh jawaban yang benar (untungnya saya mau bertanya, coba saya malu bertanya, wew...)

Screenshot Interaksi dengan Akun Twitter @BNI46 yang Cukup Tanggap

Nah, dari interaksi dengan akun Twitter @BNI46 tadilah saya kemudian tahu ada fitur baru bernama #AskBNI. Saya pun mengecek Direct Message (DM) Twitter dan melihat panduan untuk memanfaatkan fitur baru ini.


Apa Itu #AskBNI?

Daritadi saya mengulas tentang "Mau Bertanya", memang apa hubungannya dengan BNI? Bagaimana hubungannya dengan #AskBNI? 


"SAYA SENANG ANDA MAU BERTANYA" 


BNI mengajak kita semua, khususnya generasi muda untuk menumbuhkan kesadaran kita agar tidak malu dan ragu bertanya di manapun, kapanpun dan tentang apapun. Untuk menumbuhkan kesadaran ini, BNI telah menyediakan suatu fitur di Twitter bernama #AskBNI yang memungkinkan kita untuk mendapatkan aneka informasi lengkap secara cepat.



Foto Peluncuran Fitur #AskBNI (Sumber: Akun Twitter @BNI46)

Seperti pada paragraf pembuka tulisan ini di atas, nampaknya BNI memahami betul kebutuhan generasi muda sekarang. Di era digital ini, siapa yang tak memiliki akun media sosial? Ibaratnya, informasi tentang seluruh dunia telah berada di genggaman jemari dan kita bawa kemana-mana dalam aktivitas sehari-hari. Media sosial ini telah menjembatani jutaan orang (atau lebih) yang mau bertanya hingga mereka mendapatkan jawabannya.

BNI pun bekerja sama dengan Twitter Indonesia guna meluncurkan fitur #AskBNI. Tujuannya untuk memudahkan para nasabah muda agar dapat dengan cepat memperoleh informasi seputar BNI. Peluncuran #AskBNI ini berlangsung pada Rabu (2/12) lalu, dan dihadiri oleh Anggoro Eko Cahyo, Direktur Consumer dan Retail BNI serta Roy Arnold Simangunsong, Country Business Head Twitter Indonesia. (Sumber Berita: Optimalkan Interaksi dengan Nasabah Muda, BNI Luncurkan Tagar #AskBNI )


Ayo, Gerakkan 'Mau Bertanya' Dimulai dari #AskBNI



Video Berita Seorang Wanita Menghancurkan Mesin ATM yang Menelan Kartu ATM-nya (Sumber: YouTube) 

O-M-G! Gara-gara kartu ATM-nya tertelan, wanita tersebut menghancurkan si mesin ATM!! Nggak gitu juga kali, tapi kalau suatu waktu kartu ATM BNI-mu tertelan mesin ATM, mending tanyakan dulu solusinya pakai fitur #AskBNI.


Bagaimana cara mengaktifkannya? Saya senang Anda mau bertanya.



Screenshot Cara Daftar #AskBNI - Bag.1

Setelah following akun Twitter @BNI46 dan memperoleh sebuah Direct Message, kamu cukup me-reply dengan format: 


#daftar #nama_lengkap #nohandphone


Contoh:

#daftar #Andi_Waluyo #62213456789


Screenshot Cara Daftar #AskBNI - Bag.2

Setelah daftar, kita akan memiliki akses untuk memanfaatkan fitur ini kapanpun dan dimanapun. Berikut ini ada sebuah ilustrasi bagaimana memanfaatkan fitur #AskBNI ketika Buku Tabungan BNI kita hilang:






Selain dapat membantu kita ketika kartu ATM tertelan mesin atau Buku Tabungan hilang, #AskBNI bisa apa lagi ya? Saya senang Anda mau bertanya.

Dengan mengirim pesan #HelpBNI, kita dapat melihat semua keyword yang dapat digunakan dalam fitur #AskBNI:



Nah, gampang banget kan! Sebagai fitur yang memang dirancang bagi segmen Gen Y, #AskBNI memiliki beberapa kelebihan:

  • Simpel: Fitur yang user friendly, memudahkan siapapun untuk menggunakannya kapanpun dan dimanapun;
  • Cepat: Begitu kita kirim pertanyaan, biasanya dalam waktu 2 detik saja sudah muncul jawabannya;
  • Tanggap: Fitur ini sangat responsif dalam memberikan tanggapan atas pertanyaan kita secara lengkap;
  • Ekonomis: Kita dapat mengaksesnya dengan memanfaatkan konektivitas internet, bahkan bisa secara gratis karena banyak WiFi gratis pula dimana-mana.

Dengan "Mau Bertanya", wawasan kita jadi bertambah luas serta arah kita pun jelas. Dengan "Mau Bertanya", kita akan memperoleh jawaban (dan tidak mati penasaran). Dengan "Mau Bertanya", kita telah berperan aktif dalam meningkatkan kualitas diri, karena kalau bukan kita yang membangun negeri ini, maka siapa lagi?

Jadi,

"Ayo, kita gerakkan 'Mau Bertanya' sebagai wujud aktif membangun Negeri"


Nah, daritadi kita ngobrol panjang lebar mengenai "Mau Bertanya" dan #AskBNI, tapi apakah kamu sudah mendukung gerakan ini dengan menjadi nasabah BNI?

Sudah Punya Tabungan BNI?




Bicara mengenai BNI, saya sendiri sudah sekitar 12 tahun menjadi nasabahnya. Dulu pertama buka rekening BNI ketika awal masuk kuliah di IPB (yang anak IPB wajib ninggalin komen!), sekitar tahun 2003. 

Saya senang menjadi nasabah BNI karena aneka prosesnya mudah dan saya juga dapat melakukan transaksi via SMS Banking. Sudah 5 tahun saya menekuni profesi yang bergelut di dunia media sosial. Dengan hadirnya fitur #AskBNI ini, jadi kian mempermudah aktivitas saya, apalagi terkait langsung dengan spesifik bidang pekerjaan saya.




Tapi itu tadi kan dari sudut pandang saya saja. Sebenarnya apa sih keuntungan menabung di BNI?



Wuih, benar kan ada banyak keuntungannya! 

- Kita bisa melakukan setoran dan  penarikan tunai secara online di seluruh Cabang BNI terdekat. 
- Setoran dan penarikannya pun bisa melalui e-channel: BNI ATM (Automatic Teller Machine), CDM (Cash Deposit Machine) yang tersebar di seluruh Indonesia!! 
- Kita sebagai nasabah juga akan memperoleh fasilitas Kartu Debit BNI, layanan e-banking melalui channel BNI ATM, BNI Phone Banking, BNI SMS Banking, BNI Internet Banking dan BNI Mobile Banking. 
- Dan pastinya, kini dengan hadirnya fitur #AskBNI, jadi memudahkan kita untuk bertanya aneka hal seputar BNI kapanpun dan dimanapun.

Itu belum cukup? Saya senang Anda mau bertanya.


BNI juga punya aneka program undian berhadiah. Yaa.. siapa tahu kamu termasuk salah satu yang beruntung.



Sekarang, kalau kamu tertarik untuk membuka Taplus (Tabungan Plus) BNI, caranya gampang ko. Kita coba cek via #AskBNI yuk:


Kalau usiamu masih berkisar 15 - 25 tahun, mending pakai Taplus Muda saja:



Jadi, ayo kita bersama-sama menjadi pribadi yang "Mau Bertanya". Kita manfaatkan juga fitur #AskBNI ini dengan sebaik-baiknya.



"Ayo, Mau Bertanya Nggak Bakal Sesat di Jalan Deh" 

99 komentar:

mengatakan...

Nice sharing mas! Monggo mampir juga ^^

http://nonanistia.blogspot.co.id/2016/02/bertanya-yang-mencerdaskan.html?m=1

mengatakan...

@anistia: Thank you, siap kunjungan balik ;)

mengatakan...

Keren artikelnya
ditunggu ya jejak baliknya

Malu Bertanya Sesat di Jalan, Mau Bertanya Hanya di #AskBNI Yang Menjawab
http://feridi.blog.upi.edu/2015/12/29/malu-bertanya-sesat-di-jalan-mau-bertanya-hanya-di-askbni-yang-menjawab/

mengatakan...

@Feridi: Makasih komennya, siap kunjungan balik ;)

mengatakan...

betul juga ya pepatah malu bertanya sesat di jalan, apalagi dg banyak kecangihan sekarang kalau gak tahu gak nanya bakal gaptek terus

mengatakan...

@Tira: Hehe.. begitulah, Mba :) Yaah.. pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang butuh berinteraksi dengan sesama. Dengan bertanya, dapat menjadi jembatan bagi interaksi tsb dan berbagi ilmu antara satu orang dengan yg lain ^^ Terima kasih atas kunjungannya

mengatakan...

Gerakan mau bertanya
good luck buat lombanya
Http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

mengatakan...

Makasih, Mba ^^ Salam kenal

mengatakan...

Semoga sukses lombanya ^^

mengatakan...

@Neneng: Makasih, tau aja sy lg ikut lomba ^^

mengatakan...

Keren ya BNI. Jarang lho ada bank yg dengan sengaja bikin gerakan supaya nasabah ga malu bertanya. Tandanya mereka mau direpotkan ya. Tapi hal kayak gini bakal ngebantu nasabah banget :)

mengatakan...

Salam kenal..
Sukses buat lomba blognya..^^

mengatakan...

Wah bagus penjelasannnya, mengulas secara mendalam... kalo kayak gini aku ga perlu nanya soalnya udah paham ttg #AskBNI hehe,, sukses lombanya semoga menang

mengatakan...

sukses lombanya :)

mengatakan...

@Ade: Benul eh betul sekali Mba :) Selama ini sy punya rekening di 4 bank berbeda di mana salah satunya adalah BNI. Tp yg punya fitur aktif seperti ini kayaknya baru BNI deh :D

mengatakan...

@Irly: Salam kenal juga, Mba :) Terima kasih atas kunjungan dan semangatnya.. Mampir-mampir lagi ya

mengatakan...

@Mirna: Wkwk bisa aja.. Salam kenal dan terima kasih atas kunjungannya :D

mengatakan...

@Elya: Makasih, Kakak ^^

mengatakan...

uwoww.. tulisannya panjang amat, lengkap tapi (Y)
Semoga menang!

mengatakan...

@Rosi: Ihiiy.. kayak kereta ya XD ? Makasih sudah mampir, semoga tak bosan berkunjung

mengatakan...

wah keren juga ya fiturnya, baru tau hehe.. semoga bank2 lain juga menyediakana fitur ini..

mengatakan...

@Dyah: Ntar jadi ada saingannya dong xixi.. Tapi emang fitur ini keren bangeeets

mengatakan...

Hmm sebagai mantan nasabah, BNI cukup recommended lah memang buat nabung hehe. Goodluck buat lombanya dan kalau ada lomba menulis lagi share infonya di grup WB yaa :)

mengatakan...

@Reta: Wah, klo sama 'mantan' yg satu ini jangan sampai move on ya, Kakak ^^

Terima kasih atas kunjungan dan semangatnya ;)

mengatakan...

Selain wawasan kita jadi luas, jadi lebih dekat juga ya mas BNI dan pelanggannya :)

mengatakan...

@Istiana: 100 buat Mba Istiana ^^ Di era "dunia datar" seperti sekarang ini, memang sebaiknya tercipta komunikasi 2 arah antara perusahaan dengan pelanggan. Terkadang butuh pula co-creations untuk membentuk suatu produk yg sesuai dengan pola kehidupan pelanggan. Dan #AskBNI ini nampaknya hadir untuk menjawab tantangan itu ;)

mengatakan...

Mantap... lengkap banget...;)

mengatakan...

@Witri: Makasih atas komen dan kunjungannya, Mba ^^

mengatakan...

Hari gini, yang pemalu bisa juga banyak nanya lewat internet ya.
Semoga sukses lombanya

mengatakan...

Blm punya rek ini. Mau coba

mengatakan...

sudah punya tapi di anggurin ajaa...

mengatakan...

Sangat panjang artikelnya, jujur saya nggak baca semua. Semoga bermanfaat

mengatakan...

@Ety: Ga hanya bisa bertanya, tp di internet pun kita dapat menjadi sosok yang berbeda lho.. Bahkan kalau mujur malah bisa jadi artis XD Terima kasih atas komen dan semangatnya

mengatakan...

@Jiah: Silakan, Kakak ^^

mengatakan...

@motorninja250.com: waduu.. kenapa dianggurin :O ?

mengatakan...

@Cica: Haha.. si Kakak ini terlalu jujur deh X'D Tapi terima kasih sudah sudi mampir

mengatakan...

Kalau kata guru saya dulu "malu bertanya, jalan-jalan", jalan-jalan aja nanti bakal ketemu jalannya, hhe

mengatakan...

@Fadli: Wkwk.. bisa aja, jadi sekalian keliling2 sampai ketemu jalan yang dicari ya.. Apalagi klo pas jalan-jalan eh malah ketemu jodoh XD

mengatakan...

Asyik nih.. backpackeran ke negeri singa :D


btw komiknya keren! moga sukses..

mengatakan...

tulisannya lengkap, saya baru tahu ada fitur #AskBNI. Tapi memang diperlukan kok, agar kita enggak tersesat kan ya

mengatakan...

@Arina: Yup, seruu ^^ Hihi.. komiknya masih acak adut ^^" saya kurang pandai menggambarnya. Makasih ya sudah mampir ;)

mengatakan...

@Astin: Yup, "tersesat" sendiri dapat memiliki banyak makna, tak hanya beneran kesasar, tapi bisa juga bermakna mengambil keputusan yg salah seperti si wanita yg merusak mesin ATM ketika kartu ATMnya tertelan ^^" Makasih ya sudah berkunjung ;)

mengatakan...

Bank saya bukan BNI. Tapi pengen juga sih buka rekening di Bank lain lagi, kayak BNI ini. Pemaparan di atas jelas banget ya. Kalau saya sudah siap buka rekening di Bank lain mungkin saya bisa tanya tanya di sini lagi ya. hehe

mengatakan...

Wah, aku dah biasa pake mandiri...

mengatakan...

Budaya bertanya masih menjadi handalan, seperti backpackeran. Mau bertanya lebih tepat dibandingkan GPS selama sepengalaman saya :D

mengatakan...

Blog nya rame, keren udah settle, aku gak mudeng sama BNI, udah biasa pake BCA dan Mandiri. Sila visit my blog untuk kepo dunia artis dan untold story mereka : www.surafatih.blogspot.com

mengatakan...

banyak bertanya...banyak ilmu didapat....kalo malu bertanya..yaa jalan terus..akhirnya terjebak di jalan yang sesat...
keep happy blogging always...salam dari makassar - banjarbaru :-)

mengatakan...

Sedikit bingung harus komentar dimana, karena nggak muncul kotak komentar nya. Hahaha, maafkan :))

Btw, gue nggak punya rekening pribadi. Sebagai anak muda yang hampir 20 tahun, kayaknya gue gagal. Gue biasanya kalaua da yang mau ngirim duang ke rekening, minjem rekening temen dulu sih. Tapi, gue seneng kalau beli apa-apa (online) selalu pake BNI. Lewat teller tapi. Sampai-sampai teler bank bni di kota gue sampai hapal sama gue. Wkwkwkw

mengatakan...

Baru tahu ada fitur #AskBNI nih, sering seliweran juga di sponsored Trending Topicnya Twitter nih AskBNI hehehhe

mengatakan...

@Warung Khayalan: Boleh, Kakak ^^ Saya kebetulan pakai BNI pertama kali untuk pembayaran SPP kuliah. Setelah itu sy lanjut pakai BNI untuk keperluan bisnis online. Nah bbrp tahun ini sy pakai BNI untuk tabungan khusus plus persiapan KPR :)

mengatakan...

@Lita: Punya rekening di lebih dari satu bank boleh ko, Kak ^^ Sy aja punya di 4 Bank, tp yg paling lama ya di BNI :)

mengatakan...

@Sie-thi: Betul sekali, Mba ;) Apalagi dengan bertanya kita jd membuka interaksi dengan orang asing dan membuka peluang bagi kita untuk belajar budaya baru

mengatakan...

@Syakur: Makanya ada fitur #AskBNI, Kak ^^ Kita jadi bisa bertanya apapun seputar BNI walau tak datang ke Bank-nya langsung. InsyaAllah nanti saya berkunjung balik ;)

mengatakan...

@Hariyanto: Salam kenal, Pak :D Wah senangnya dapat kenalan baru dari tempat yg jauh ^^ Terima kasih sudah mampir

mengatakan...

@pemuja kasur: ihiiy... bisa-bisa jadi cerita FTV nih ;)

mengatakan...

@Winda: Berarti Mba termasuk yg berjodoh nih dengan BNI ;) Terima kasih ya sudah mampir

mengatakan...

Good Luck, keren infonya lengkap

mengatakan...

lengkap bro, good luck! buku tabungan belum pernah hilang, jangan sampe deh, tapi kalo ATM pernah, alhamdulillah cepet ngurusnya di BNI

mengatakan...

@Ria: Makasih, Kak ^^ Salam kenal dan terima kasih atas kunjungannya

mengatakan...

@Evrinasp: Wuah dikunjungi sesepuh Blogger yg sealmamater XD Tengkyu, Mba.. mampir2 lagi ya ke blog ini

mengatakan...

keren tulisannya lengkap sekali mewakili pihak CS BNI tentang apa itu #AskBNI

mengatakan...

Keren infonya lengkap..
Sukses ya ngontesnyaa

mengatakan...

@Eni: Salam kenal ^^ Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak

mengatakan...

@Yasinta: Terima kasih, Mba ^^ Jangan bosan 'tuk mampir ya

mengatakan...

wah... keren dan inspiratif banget mas

pentingnya nanya itu kerasa banget ya kalo di negeri tetangga, kebetulan ane juga pengalaman seperti itu dan rasanya serba ragu makan apa-apa kalo belum dengar info dari warga sekitar.

nais share mas, bermanfaat artikelnya

mengatakan...

@mrbedelhoky: Syukur kalau dirasa bermanfaat ^^ Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak, jangan bosan 'tuk mampir lagi ya ;)

mengatakan...

Bertanya jangan malu maluuu, kalo ada yang dibingungkan, kita harus bertanya. Fitur #AskBNI sangat ajib! jangan lupa mampir balik ya http://myinspiration20.blogspot.co.id/2016/02/gak-mau-bertanya-ya-tersesat.html

mengatakan...

@Afif: Sy udah berkunjung duluan 2 hari yg lalu XD Makasih udah mampir ya ;)

mengatakan...

wah mantep pak informasinya. BNI memang keren.

mengatakan...

Lengkap sekali info dan penjelasannya. BNI ini memang beda pelayanannya enak, dan jarang nemu komplen.

mengatakan...

@Ernawati: Betul sekali, Mba ^^ BNI memang selangkah lebih maju dibanding yang lain dengan aneka fitur yang up to date. Zaman sekarang ini memang mesti pandai-pandai menarik hati pelanggan dan membuat ikatan dengan mereka :)

mengatakan...

@Nurin: Iya, Mba ^^ Di akun media sosialnya BNI juga saya jarang menemukan ada yg komlen, tapi klo yg nanya sih ada banyak. Media Sosial memang dapat berperan sebagai Customer Care/Relations yang dapat membantu pelanggan sekaligus membangun ikatan dengan mereka :)

mengatakan...

Semoga beruntung mas Miftah ikut kontesnya...hehe

mengatakan...

@Fajar: Makasih Fajar atas kunjungan dan semangatnya ^^ Jangan bosan 'tuk mampir ya ;)

mengatakan...

Malu bertanya emang bakalan sesat di jalan, tapi kebanyakan nanya juga kadang nyusahin orang XD

Ya harus bijak nanya mungkin ya asal jangan malu nanya aja. Semoga sukses lombanya ya!

mengatakan...

Saya kira ini cerita tentang jalan-jalan saja ternyata dikaitkan dengan askBNI. Keren idenya dan Lengkap banget pembahasannya mas, semoga sukses kontesnya .
saya tidak ikut kontes ini. Hikk..hikkk

mengatakan...

Walah.... td kupikir empunya blog cewek, ada teman namanya sama..good luck lombanya ya :-)

mengatakan...

@Mita: Wkwkwk.. betul, Mba XD Apalagi klo nanyanya itu pas lagi nonton bareng di bioskop, eh terus ada temen yg nanya2 karena ga ngerti filmnya. Btw, terima kasih atas semangatnya, semoga tak bosan mampir ^^

mengatakan...

@She ieka: Aamiin, makasih Mba ^^ Semoga dapat bermanfaat

mengatakan...

@Nur: Mungkin namanya emang populer, Mba XD Tapi fleksibel sih bisa untuk cowo or cewe coz ada beberapa kawan saya yg namanya Miftahul tapi cowo n cewe.. ups, ko malah jadi ngomongin nama

mengatakan...

Ampuun, pas komentar di blogku, kukira yang ini cewek juga, semoga balasan komentar di blogku gak panggil "Mbak" :D

Aiiih maaaaaaaaah kereeen backpakeran ke Singapore -_-" ngiri :3

mengatakan...

hahaha...simple sih...tapi emang brani nanya ituh penting...
mau udah ada gadget atau kagak... keep pen on fire

mengatakan...

@Er Udya: Wkwkwk.. untung ada foto saya ^^" Di balasan komentarnya ga pake "Mbak" ko XD Btw, klo ke Singapore aja sih masih lumayan terjangkau, tinggal manfaatin aneka paket promo ;) Bisa juga ngecek promo via DM akun Twitter @BNI46 dan kirim pesan: #promo #travel

mengatakan...

@terima kasih ilmunya: Ini Firdaus ya :D ? Bener banget, walaupun ada gadget namun terkadang kita tetap perlu berinteraksi dengan orang lain. Tengkyu ya udah mampir ^^

mengatakan...

Artikelnya lengkap banget mas, semoga menang ya :)

mengatakan...

Wahh, menang ini mas mifta ^^

mengatakan...

@Riska: Aamiin, semoga dapat bermanfaat juga ^^ Terima kasih atas kunjungannya

mengatakan...

@Lisa: Aamiin, terima kasih atas doa dan kunjungannya, semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat ^^

mengatakan...

wah fiturnya keren. wajib ku coba nih

mengatakan...

nice sharing!
salah dari http://froteast.wordpress.com/
ikut ninggalin jejak dulu yah

mengatakan...

@Windah: Bener banget, Mba... WAJIB KUDU HARUS >.< hihi..

mengatakan...

@Jack: Tengkyu, Mas :) Siap berkunjung balik ^^

mengatakan...

Sekarang kalau pengen tanya bisa kapan saja dan di mana saja Mas. Hehehe... mbah google pasti jawab.
Kalau tanya tentang BNI ya memang di Ask BNI agar lebih mengerucut jawabannya ya

mengatakan...

Mau bertanya biar gak sesat di jalan ya.... Makasih sharing tentang Ask BNI-nya. Pengguna setia BNI juga soalnya :).

mengatakan...

Berarti gak berlaku peribahasa gaol "malu bertanya malah jadi jalan-jalan" ya mbaa,hihihi...
Thank's sharingnya mbaa :)

Terima kasih sudah berkunjung ke gubuk saya ya mbaa....jangan lupa buat ikutan GA saya yaa #GiveAwayPeduliKasih :)

mengatakan...

@Susi: Betul betul betul ^^ Sebagai fitur dalam dunia perbankan, #AskBNI menjadi diferensiasi sekaligus poin plus dari segi customer relations dan membangun ikatan pelanggan. Ga sabar menantikan munculnya inovasi-inovasi lain dari BNI

mengatakan...

@Euisry: Wuah senangnya dikunjungi oleh sesama nasabah BNI ^^ Salam kenal, jangan bosan 'tuk mampir kemari ya, Mba ;)

mengatakan...

@Dewi: Hihi.. terkadang itu tergantung sikon dan orangnya juga sih Mba. Klo pas kebetulan orangnya masih single dan ga keburu-buru, yaa.. saat jalan-jalan siapa tau malah ketemu jodohnya :D Tapi klo ga dimulai dengan suatu pertanyaan ya ga bakalan ada interaksi untuk menuju tahap selanjutnya XD Siap berkunjung balik ;)

mengatakan...

wah, ingat ke Merlion, ingat kejadian memalukan belasan tahun silam. betul tuh, malu bertanya, jadi malu-maluin..

Terima Kasih sudah berkunjung ^^ Jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya ;) Follow juga akun Twitter/Instagram @miftahoke
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service