Bismillaahirrohmaanirrohiim.. Assalamu'alaikum.. Welcome to Miftahul's Blog -To Be Like a Sun-

TO BE LIKE A SUN

Assalamu'alaikum. Salam hangat... Selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Blog ini berisi seputar pengalaman pribadi, opini, info, karya lomba, dsb yang mungkin dapat bermanfaat. Terima kasih atas kesediaannya meluangkan waktu 'tuk singgah walau sejenak. Jangan lupa ninggalin jejak ya ^^



Selasa, 13 November 2012

Tips Menulis Blog Berkualitas


Sumber gambar: freelancewritinggigs.com

Salam Sob,
Bagaimana menulis blog berkualitas? Tips ini awalnya saya buat sebagai bahan materi "Teknik Penulisan Kreatif di Blog" ketika hendak mengisi suatu pelatihan. Semoga isinya dapat bermanfaat bagi Blogger sekalian.

1. Tentukan topik
Topik tulisan bisa mengenai isu yang sedang hangat diperbincangkan, pengalaman pribadi, dsb.

2. Perbanyak Referensi dan Pengalaman
Agar isi tulisan lebih kaya dan berkualitas, perbanyak baca buku, sering berkunjung ke blog orang (blog walking), perbanyak pengalaman pribadi, latih kepekaan terhadap peristiwa di sekeliling kita, perhatikan hot isu.

3. Catat yang terbersit
Sebelum menulis, buat catatan kecil dulu mengenai segala hal yang terbersit terkait topik yang hendak diangkat. Kemudian, satukan ide/poin/informasi yang terserak itu.

4. Beri judul menarik
Buat judul yang sekreatif mungkin. Thinking out of the box karena blog bukanlah sebuah karya tulis ilmiah maupun berita koran. Bahkan, bentuk judul bisa berupa seperti pertanyaan, ajakan, maupun kata-kata yang menarik rasa ingin tahu para calon pembaca untuk membaca tulisan kita.

5. Pecah tulisan menjadi Paragraf
Sebaiknya tulisan tidak dibuat menjadi satu paragraf yang panjang. Tapi, pecahlah menjadi beberapa paragraf dan upayakan tiap paragrafnya juga tidak terlalu panjang.

6. Menulis/menuangkan pokok pikiran
Dalam membuat suatu tulisan, buatlah pokok pikiran dan pergunakan konsep 5W + 1H: What (apa), Why (mengapa), Who (Siapa/Apa), Where (Dimana), When (Kapan),
How (Bagaimana).

7. Sudut pandang
Dalam menulis blog, kita bisa menggunakan sudut pandang orang pertama maupun kedua. Kita bisa membuat tulisan yang seolah mengajak ngobrol atau bercerita kepada para pembaca.

8. Gunakan pengalaman pribadi
Dengan memaparkan pengalaman pribadi, maka tulisan akan lebih hidup dan berkualitas. Pembaca tidak hanya disuguhkan teori maupun "kata orang" saja, melainkan
si penulis juga turut mengalaminya. Sehingga, apa yang dituliskan memang betul-betul dikuasai.

9. List
Gunakan "list" untuk penekanan, baik dengan menggunakan tanda "-", angka atau simbol lainnya. Sehingga, para pembaca akan lebih mudah mengingat poin yang ditekankan pada tulisan tersebut.

10. Insert Picture/Video
Dengan melampirkan gambar atau video, mencegah para pembaca menjadi jenuh saat membaca tulisan. Selain itu, penggunaan gambar/video akan mempermudah para pembaca dalam mencerna maksud yang ingin disampaikan.

11. Font
Perhatikan bentuk, ukuran dan warna huruf digital (font). Hal-hal seperti bentuk font yang unik, huruf terlalu kecil, maupun warna font yang mirip dengan background akan
menyulitkan para pembaca.

12. Cek tulisan sebelum diterbitkan (publish)
Sebelum tulisan diterbitkan, gunakan fitur pratinjau (preview) untuk melihat hasil tulisan kita tersebut. Sehingga, bila ada yang janggal dapat lekas kita perbaiki sebelum dibaca oleh orang lain.

Oke, segitu dulu tips untuk kali ini. Tulisan ini sebelumnya pernah saya posting di blog saya yang satunya karena lupa username dan password untuk akun yang ini hehe.. Silakan bila di antara Sobat ada yang ingin menanggapi or menambahkan.

0 komentar:

Terima Kasih sudah berkunjung ^^ Jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya ;) Follow juga akun Twitter/Instagram @miftahoke
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service