Bismillaahirrohmaanirrohiim.. Assalamu'alaikum.. Welcome to Miftahul's Blog -To Be Like a Sun-

TO BE LIKE A SUN

Assalamu'alaikum. Salam hangat... Selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Blog ini berisi seputar pengalaman pribadi, opini, info, karya lomba, dsb yang mungkin dapat bermanfaat. Terima kasih atas kesediaannya meluangkan waktu 'tuk singgah walau sejenak. Jangan lupa ninggalin jejak ya ^^



Jumat, 01 Februari 2013

Praktik Simpel Mencolek Awareness Facebookers


Tulisan ini sebenarnya sudah pernah saya posting sebelumnya di Kompasiana pada tahun 2011 silam. Namun, kali ini saya edit sedikit topiknya untuk dipublikasikan di blog ini.

Setelah sekian lama berkecimpung di dunia maya, pernah suatu ketika saya tersadar bahwa telah mengikuti 120 buah grup di FB (Facebook). Mungkin jumlah yang tidak seberapa karena bisa jadi di antara Sobat sekalian ada yang mengikuti lebih dari itu.

Grup yang saya ikuti ada yang bersifat lokal maupun internasional, komunitas tertutup hingga umum yang sangat demokrasi. Jika ditilik dari jumlah member-nya, ada yang dapat dihitung dengan jari bahkan ada yang lebih dari 5 juta. Benar-benar suatu keanekaragaman di dalam sebuah dunia datar, di mana dapat kita jumpai sesuatu yang normal hingga aneh bin ajaib.

Salah satu kelebihan grup di FB ialah, ketika ada seseorang yang memosting sesuatu di grup, maka para member grup tersebut akan menerima ikon notifikasi berupa pemberitahuan adanya postingan terbaru di grup tersebut beserta nama pengirimnya.

Saya berpikir, jika tiap grup diasumsikan berisi 100 member (walau ada yang sampai 5,9 juta member), lalu saya mengirimkan ke 120 grup itu sebuah kalimat "Tekan shift+888 ketika mengomentari postingan ini lalu enter dan lihat apa yang terjadi", maka kita pun dapat berasumsi bahwa kalimat tersebut telah terkirimkan ke 12.000 akun FB. Jumlah tersebut sama halnya sekitar 0,039% dari total akun FB di Indonesia, di mana pada awal tahun 2011 berjumlah kurang lebih sekitar 30.100.000 buah akun. 


Yup, akun-akun tersebut telah ter-upgrade awareness-nya terhadap postingan yang belum jelas kebenarannya itu. Bahkan, postingan tersebut bisa jadi sebuah hoax atau lelucon belaka. 

Namun, jika orang menganggap postingan tersebut menarik atau unik, maka berdasarkan teori 3:33 (getok tular), info tersebut akan diteruskan oleh 1 orang ke setidaknya 3 orang lainnya. Bila masing-masing dari 12.000 orang itu mengirimkan kembali kalimat tersebut ke sekitar 3 orang lainnya, maka jumlah penerima kalimat tersebut sebanyak 36.000 akun FB atau sekitar 0,11% dari total akun FB di Indonesia (berdasarkan data pengguna FB saat itu).

Asumsi yang digunakan dalam ilustrasi di atas yaitu tiap member dalam suatu grup tidak mengikuti grup lain yang termasuk dalam 120 grup itu. Pesan diterima oleh seluruh member (diasumsikan seluruhnya akun aktif) dan diteruskan kembali ke 3 orang lainnya oleh tiap member-nya. Ketiga orang yang dikabari ulang oleh 12.000 orang itu merupakan orang yang berbeda-beda, sehingga kita dapat angka 0,11%. Itu baru saya sendiri dan dilakukan dengan satu kali tindakan. Bagaimana hasilnya ya jika 100 orang turut melakukan hal yang serupa?


0 komentar:

Terima Kasih sudah berkunjung ^^ Jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya ;) Follow juga akun Twitter/Instagram @miftahoke
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service