Bismillaahirrohmaanirrohiim.. Assalamu'alaikum.. Welcome to Miftahul's Blog -To Be Like a Sun-

TO BE LIKE A SUN

Assalamu'alaikum. Salam hangat... Selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Blog ini berisi seputar pengalaman pribadi, opini, info, karya lomba, dsb yang mungkin dapat bermanfaat. Terima kasih atas kesediaannya meluangkan waktu 'tuk singgah walau sejenak. Jangan lupa ninggalin jejak ya ^^



Sabtu, 12 Januari 2008

Ketika Sebuah Amanah Berlalu... (spesial: Kominfo BEM KM IPB 06/07)


Bismillahirrohmaanirrohiim

Assalamu’alaikum, bagaimana kabarmu pada detik ini? Masihkah Allah memenuhi rongga2 jiwa dan menelusupi aliran darahmu?Masihkah semangat perjuangan menghiasi kalbumu? Sahabat,sekalipun amanah qta telah berakhir,akan tetapi perjuangan belumlah berakhir hingga ajal menghampiri qta.

Sahabat,masih ingatkah dirimu akan apa yg terjadi pd 13 Januari 2007? Itu merupakan hari di mana qta semua dikumpulkan dlm Rapat Kabinet I BEM KM IPB. Tp,pd tgl yg sama ada event yg bagiku jauh lebih spesial drpd itu,msh ingat? Yup,itu adalah saat2 dimana qta berkumpul u/ pertama kalinya. Saat ketika kuminta dirimu merasakan tekstur karpet yg dingin2 empuk,mencium aroma sekret yg agak apek,sama2 membayangkan diri qta menjadi bagian dr sekret dan dg tangan terbuka kuucapkan “Selamat Datang di Departemen Kominfo BEM KM IPB”.Semua hadir saat itu kecuali Hermawan yg sedang sakit.

Sebuah harapan mengenai generasi baru telah tertanam dalam benakku menunggu untuk tumbuh dan berkembang. Kalian tahu?kalianlah yg menyiram dan memupuki harapan itu.Klo kata Michael Angelo,“jika manusia diibaratkan sebagai batu,maka pada diri setiap orangnya terkandung sebuah patung yg indah,tinggal siapa yg memahatnya.”

Aku memiliki 4 buah kewajiban pd dirimu,yaitu sbg pemimpin,ayah,guru,dan sahabat.Namun…

Sebagai pemimpin aku belum dapat me-manage keluarga kominfo dengan baik,apalagi saat jumlahnya bertambah aku makin kesulitan mengatur keluarga ini dan yg ada justru malah pengajuan pengunduran diri dr sebagian org yg kudapatkan.

Sebagai ayah aku belum dapat menerapkan semangat kekeluargaan dan ketentuan2 dg baik,bahkan cenderung egois dan keras sehingga ada hati yg tersakiti.Mungkin selama ini aku lebih banyak bicara daripada mencontohkan dan belum dapat sepenuhnya memperhatikan kalian.

Sebagai guru bahkan hingga akhir kepengurusan pun aku belum dapat mentransfer ilmu2 yg singgah pada diriku agar dpt kalian aplikasikan.Power Point br sempat kuberikan pd Amalia,Photoshop br sempat kuberikan pd Cany dan Ika,Leadership br sempat kuberikan pd Wawan dan itupun msh sedikit sekali. Pengetahuan seputar kelembagaan mahasiswa lbh byk kuberikan pd tmn2 PR namun belum sempat diaplikasikan seutuhnya.Manajemen kepanitiaan br sebatas teori kuberikan krn byk sekali halangan yg membuatku kerap tak dpt terjun langsung hingga akhirnya masalah teknis lupa kuberikan (dan saat itu aku bersyukur sekali ada org2 tertentu yg memiliki kartu 3 sehingga masih dpt mengontak kalian hingga berjam-jam).

Selama ini mungkin aku lebih sering menuturkan kisah2 krn kuingin melatih kepekaan kalian dlm mengambil hikmah dr kisah2 tsb u/ kemudian dpt qta aplikasikan bersama.Aku hanya dapat berharap apa yg telah kalian dapatkan tdk menghilang begitu saja dan dapat ditransfer pd yg lain.

Saat kalian mendapat kesempatan memperoleh suatu amanah,mk ambillah itu jk memang tdk merugikan krn apapun yg tjd dlm perjalanannya itu kan menjadi pengalaman tersendiri yg amat berharga dan tdk tergantikan nilainya.Itulah bayaran qta sbg anak BEM.Yup,qta dibayar dg sesuatu yg jauh lbh tinggi nilainya drpd uang,yaitu pengalaman di lapang.

Sebagai sahabat aku belum dapat menjadi pendengar yg baik,belum bisa memahami dirimu,serta belum mampu memberikan perhatian saat kamu ditimpa kesulitan.
Kini,ketika semua telah berlalu dan yg tinggal hanyalah penyesalan, aku hanya dapat meminta maaf atas segala kekhilafan yg telah kuperbuat.Atas segala kata yg pernah melukai hati,atas segala laku yg tak patut ditiru,atas pengorbanan dan perjuangan yg dirasa masih kurang,serta atas niat yg mungkin sempat terkotori.

Tp,kalian adalah orang2 terbaik yg telah menjadi bagian dr keluarga besar Kominfo BEM KM IPB dan jg hidupku (n_n).Kehadiranmu telah memberi warna baru dalam 21 tahun perjalanan hidupku di dunia.

Aku jd teringat akan apa yg pernah kukatakan saat menghadiri salah satu rapim, “saya yakin bhw acara JF akan dapat berjalan dg baik!Ga pernah terbersit satu kali pun dlm benak sy untuk membatalkan acara JF karena sy percaya pd potensi anak2 kominfo yg bergerak di dalamnya.Skrg bukanlah saatnya u/ mengkhawatirkan hal2 buruk yg dpt terjadi krn itu sudah lewat masanya,akan tetapi skrg adalah saatnya untuk menyemangati dan membangkitkan keyakinan org2 yg menggerakkan acara itu krn sy yakin jk seseorg diberikan 6 kalimat positif dlm sehari maka itu dpt menjadikannya optimis dan ketika seseorg merasa optimis maka apa yg ia inginkan dpt terjadi.” 

Itu terjadi ketika ada suatu kekhawatiran yg timbul krn H-3 namun baru sekitar 80-an tiket seminar yg terjual.Sy dpt memakluminya krn memang pd saat itu qta blm dpt sponsor dan byk sekali acara yg berbenturan waktunya,tp sy masih percaya dan menaruh harapan pada kalian.

Akhirnya,waktu jugalah yg menjawabnya,kalian telah membuktikan kepada sy dan semua org bahwa kalian memang telah dapat memegang kepercayaan itu.Sy bangga pd kalian.Suatu saat nanti insyaAllah kalian akan jauh melebihi sy.

Waktu terasa semakin berlalu
Tinggalkan cerita tentang qt
Akan tiada lagi kini tawamu
Tuk hapuskan semua sepi di hati
Teringat disaat qt tertawa bersama
Ceritakan semua tentang qt
Adacerita tentang aku dan dia
Dan qt bersama saat dulu kala
Adacerita tentang masa yg indah
Saat qt berduka saat qt tertawa
(Semua Tentang Kita-Peter Pan)

Aku tak tahu apakah kalian akan ingat padaku bila nanti termakan usia, namun insyaAllah diriku akan ingat pada kalian.

"Persahabatan qta adalah persaudaraan, maka jika kelak menjadi kenangan, akan kubingkai dengan indah hingga terpenggal kematian dan berjumpa lagi di syurga."

Mungkin 5 tahun lg ada yg sudah menjadi org sukses, ada yg melanjutkan S2, ada yg jd pejabat, ada yg sudah menikah (atw mungkin ada yg menikah antar sesama tmn kominfo), ada yg punya anak, dll. Walau qta berpisah nantinya dan waktu akan membentuk qta, namun tetap jaga ukhuwah di antara qta ya.Uhibbukumfillah (Luv U coz Allah). Wassalam.

-Miftahul Falah-

0 komentar:

Terima Kasih sudah berkunjung ^^ Jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya ;) Follow juga akun Twitter/Instagram @miftahoke
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service